Pembedaan Roh

Ditulis oleh Super User. Posted in Postulat

Selama empat hari dari tanggal 16-19 November 2011 para novis dari beberapa kongregasi temasuk novis Bruder La Mennais-FICP menjalankan kegiatan yang telah diprogramkan di Novisiat CB di Gejayan-Jogja.

Kegiatan dikenal dengan nama KGN : Kursus Gabungan Novis. Oleh Pater J. Abdipranata, SJ yang biasa disapa Romo Abdi menyajikan materi Pembedaan Roh.

Romonya asyik dan hebat. Oleh Romo Abdi kami diajak untuk mengenal gerak pengalaman batin (ide, gagasan, keinginan, pikiran, pendapat, niat, fantasi, rancangan,…) yang timbul dalam diri sendiri. 

Dengan cara berdicernment yaitu membeda-bedakan/memilah-milah untuk melihat dan menemukan orientasi/arah/tujuan apakah kepada roh baik atau roh jahat kemudian mengambil keputusan dengan mengikuti roh baik dan membuang roh jahat (bukan membuang orang jahat melainkan roh jahat).Ini merupakan prinsip pokok yang harus diketahui.
Selanjutnya adalah praktek dan mengenal gerak pengalaman batin itu.Selama mengikuti proses betapa kami telah menemukan dan mengalaminya dalam hidup gerak pengalaman batin.

Dengan Pembedaan Roh ini juga kami mulai mengenal lebih dalam segala gerak pengalaman batin yang timbul. Dengannya pula kami sadar akan orientasi yang ada. Oleh karena itu kami mencoba sedemikian rupa untuk tidak terjebak dalam roh jahat.

Seperti Paulus mengatakan “Aku ingin berbuat baik tapi yang jahatlah yang kulakukan”. Itulah gerak batin yang timbul dan dikuasai oleh roh jahat. Roh jahat membuahkan sakit hati; amarah, dendam, jengkel, iri hati,… Roh baik membuahkan kebahagiaan; air mata, haru, tawa, gembira, senyum.

Oswin